yang online

29 November, 2008

Posyandu Lansia

Posyandu Lansia
Setiap bulan mereka berbondong-bondong untuk bertemu di suatu tempat, tanpa harus diperintah mereka datang dengan penuh semangat. “Ayoo mbah..! Kumpulan nyang nggone lurahe.., tengsi darah (tensi) karo mresake awaku rada ra’ penak !” (ayo mbah, pertemuan ke tempat pak lurah.., periksa tensi darah dan periksa badanku sakit ) itu merupakan salah satu ekspresi dari lansia yang akan menuju Posyandu Lansia.

Setelah sampai mereka duduk berjajar di kursi sesuai kemauan serta dekat dengan orang yang disukai.Kemudian datang segelas teh serta camilan yang sederhana namun bergizi.

Kegiatan Posyandu Lansia sangat direspon oleh para lansia itu sendiri maupun keluarganya, karena setiap kegiatan ini sering diadakan pemeriksaan maupun penyuluhan bagi lansia oleh petugas kesehatan yang bertugas.

Seperti posyandu balita, para lansia dicek kondisi fisiknya, diukur ketinggiannya, berat badan, tensi dan pemeriksaan kesehatan untuk berbagai keluhan yang dirasakan.

Selain alasan untuk memeriksakan

kesehatan, dalam kegiatan ini mereka juga mengatakan kegiatan ini juga merupakan ajang pertemuan

dengan teman sebaya waktu muda,saudara atau bahkan ajang untuk ngrumpi dan bercerita tentang anak cucu mereka serta berkeluh kesah dengan yang lainnya. Disini para lansia terlihat keceriaan mereka, bercanda tertawa seperti tanpa beban.

Ini salah satu kegiatan luar gedung Puskesmas Tirtomoyo 1, kegiatan ini dilaksanakan pada tiap tiap dusun diwilayah kerja Puskesmas Tirtomoyo1.

Photo disamping ini merupakan salah satu

kegiatan Posyandu Lansia di Desa Tanjungsari Kecamatan Tirtomoyo. Kegiatan ini dilaksanakan oleh kader Kesehatan dan PKK dusun maupun desa setempat dibantu tenaga kesehatan dari Puskesmas Tirtomoyo1 dan Bidan Desa setempat. Dalam kegiatan ini merupakan salah satu dari pelaksanaan Desa Siaga Sehat dalam upaya kesehatan berbasis masyarakat secara mandiri.








" Semoga tetap sehat,

dan selalu dapat momong dan melihat anak, cucu "

seperti sebagian sajak bagi mereka

"Aku ingin hidup seribu tahun lagi"

Tidak ada komentar: